Sunday, December 7, 2014

Perbedaan Perumahan dan Rumah Susun

Gambar Rumah

 Perumahan adalah sebuah kelompok dari bangunan rumah yang sengaja diciptakan untuk tempat tinggal atau hunian dengan dilengkapi dengan sarana dan prasarana lingkungan yang memadai, contohnya disediakannya pembuangan sampah, listrik, telepon, jalan, yang menjadikan terciptanya sebuah  lingkungan yang sangat layak untuk dihuni dan memilki banyak sekali kemudahan yang sangat bermanfaat bagi penghuninya. 

Berbeda halnya dengan rumah susun, jika sebuah perumahan seperti yang ditulis dalam pernyataan diatas adalah sebuah lingkungan atau pemukiman yang banyak memudahkan si penghuninya. lain halnya dengan pengertin dari rumah susun. yakni bangunan gedung bertingkat yang dibangun dalam satu lingkungan yang terbagi dalam beberapa bagian struktur. dalam artian satu lingkungan atau satu gedung tapi memiliki kelompok rumah yang lebih dari satu dalam posisi menyamping (horizontal) atau bisa juga keadaan posisi satu rumah dengan rumah yang lainnya bertumpuk keatas (vertikal) dalam satu bangunan atau gedung. 


Untuk artikel baru kami kali ini, kami akan membahas tentang perbedaan antara hunian perumahan dan rumah susun. langsung saja jangan banyak basa - basi lagi, kita mulai dari : 

Perumahan : 
- Apabila saudara membeli rumah dalam suatu kompleks hunian / perumahan, biasanya harga yang ditawarkan tergolong mahal karena itu sudah termasuk dengan dilengkapi fasilitas utama yang dibutuhkan sehari - hari misalnya seperti biaya tagihan listrik dan tagihan air.
- Perumahan memiliki bentuk dan ukuran yang seragam juga lingkungan yang tertata rapi pada suatu area.
- Tidak akan direpotkan dalam masalah urusan surat izin bangunan, karena biasanya hal tersebut sudah diurus oleh pengembang langsung, jadi tidak usah difikirkan lagi.
- Memiliki standar keamanan yang terjamin selama 24 jam.
- Menyediakan sarana dan prasana untuk kepentingan hiburan misalnya diadakannya taman untuk bermain bagi anak, fasilitas umum berupa lapangan olahraga, dan banyak lainnya.
- Masyarakat yang memiliki hunian di perumahan cenderung akan kurangnya interaksi sosial. karena mempunyai individualisme yang sangat tingi.

Rumah susun : 
- Harga hunian ini tergolong pas efisien untuk masyarakat golongan menengah kebawah, tetapi untuk urusan biaya kebutuhan listrik dan air bayar sendiri.
- Layaknya apartemen hunian ini didesain dengan secara bertingkat dan memiliki ukuran yang sama biasanya tidak memiliki halaman hanya berdesakan dengan bangunan rumah milik orang lain.
- Tidak memiliki standar keamanan, (Anda harus rajin membayar uang keamanan jika ingin memilki keamanan yang cukup dalam hunian ini)
- Sarana dan prasana yang memudahkan harus cari sendiri karena hunian ini tidak menyediakan fasilitas umum yang memudahkan bagi penghuninya.
- Lingkungan kumuh, maklum orang menghuni rumah susun terdiri dari beberapa karakter yang berbeda- beda jika kita tidak pandai membersihkan, maka tidak akan tercipta lingkungan bersih.
- Tetapi untuk masalah interaksi sosial lingkungan dihunian ini kebalikan daripada pernyataan diatas jika perumahan meiliki individuaisme yang tinggi maka hunian ini memeiliki tingkat sosial yang tinggi.

Begitulah Perbedaan Perumahan dan Rumah Susun yang kami bisa sampaikan antara dari kedua hunian tersebut, semoga ada manfaat yang bisa berguna dalam pembahasannya. Terimakasih banyak.

No comments:

Post a Comment